membuat boot SO d FD   Leave a comment

Saat-saat tertentu mungkin anda memerlukan booting dari flashdisk dikarenakan Windows anda ngadat atau pingsan diserang Virus yang semakin menjadi-jadi. Nah Terlebih agan g punya CD Roomnya waduh harus diakalin pakek USB???? Membuat USB booting sudah biasa saat ini, namun untuk membuat 1 FD bisa untuk booting banyak OS (ISO) memang masih jarang. Ada banyak cara untuk membuat multiboot flashdisk, diantaranya bisa menggunakan software MultiBootISOs.exe atau bisa juga menggunakan software unetbootin-windows-299.exe.

======DENGAN PROGRAM MULTIBOOTISOS==================

Kita bisa menggunakan program Boot Multiple ISO Files from USB untuk membuatnya. Dengan bermodal 1 buah FD berkapasitas 8-16 GB kita besa memasukan tidak hanya 1 OS saja, bahkan bisa puluhan OS. Dengan program ini, kita bisa membuat FD supaya bisa booting berbagai macam OS. Adapaun untuk membuatnya paling tidak yang dipersiapkan adalah:

  • FD dengan kapasitas minimal 8 GB untuk mendukung banyak iso (format dalam format FAT32)
  • PC yang suport booting dari USB
  • Windows XP/Visat/7 untuk membikin USB booting
  • Program yang digunakan untuk membuat MultiBooting USB, MultiBootISOs.exe bisa di download di sini Download MultiBootISOs.exe
  • File-file iso yang akan kita masukan dalam pilihan OS multibooting USB kita, Nanti di akhir artikel saya sertakan File2 referensi OS dalam ISO apabila dibuthkan untuk di download:

Prosedure pembuatannya pun tidak terlalu rumit, berikut ini tahapannya:

– Download file-file iso yang akan di bootable
– Jalalankan *MultiBootISOs-v2.1.3.9.exe


– pilih OSnya dan browse ke tempat dimana kamu menyimpan file isonya. setelah itu klik create
– Setelah selesai maka akan ada konfirmasi untuk menambah OS lainnya apa tidak? klik yes apabila ingin membuat multi bootable OS Lanjutkan sampai selesai dan klik finish
– Restart PC dan setting BIOS supaya bisa booting dari USB
– pada menu bootloader pilih daftar iso yang mau dijalankan dan selamat menikmati.


* Untuk Hard Drive eksternal dan USB Flash Drives besar yang berformat NTFS dan FAT32, agan dapat mencoba di eksperimen dari sumber experimental-multibootISOs-v1.5.4.exe
Jika Menu Boot tidak muncul seperti pada gambar, perangkat USB Agan mungkin tidak memiliki MBR. Agan dapat menggunakan Install-MBR-to-FlashDrive tutorial untuk memperbaiki masalah ini.

Distribusion yang support untuk MultibootOSs USB Creator versi 2.1.3.9:
MemTest86+, gpxe, FreeDOS, DBAN, Debian Live, Offline NT Password & Registry Editor, TinyCore, Slitaz, Puppy Linux, Austrumi, Damn Small Linux, Rip Linux, Ultimate Boot CD, Ophcrack XP, Sugar on a stck, YlmF OS, Ubuntu 10.10, Xubuntu 10.10, Kubuntu 10.10 Lubuntu 10.10, Ubuntu Netbook Remix 10.10, Ubuntu Resque Remix, Ubuntu 10.04, Xubuntu 10.04, Kubuntu 10.04 Lubuntu 10.04, Linux Mint, pepermint Linux, Ubuntu Netbook Remix 10.04, EasyPeasy, EEEBuntu, xPUD, SLAX, Parted Magic, GParted, Partition Wizard, Clonzilla, Redo Backup and Recovery, Kaspersky Resque Disk, AVG Resque CD, BitFender Resque Disk, AVIRA Antivir Resque CD, Jolicloud, Easeus Disk Copy, Backtrack4 Final, Mandriva Free 2010 Spring, Windows Vista, Windows 7, System Resque CD, Trinity Resque Kit

NB: Agan bisa boot Ubuntu dan remix berbasis Ubuntu dengan cepat dengan hanya menggunakan Casper-RW Creator untuk membuat file Casper-RW pada perangkat USB Agan. Hanya satu Distro ini yang bisa menggunakan Casper-RW.

Jika Agan tidak memiliki floopy drive dan mengalami fd0 error saat boot, tambahkan floppy.allowed_drive_mask = 0 sampai baris kernel ke entri menu.

Untuk me-load Ophkrack table ketika boot dengan cara ini, folder tabel perlu ada pada root USB. Contoh E:tablesl\vista_free. Download Tables dari situs resmi dan unzip ke USB.

Boots Error : Ketika mencoba menjalankan ISO dari USB, bial agan mengalami error Boot yang mengatakan:

” Error 60: File for drive emulation must be in one contiguous disk area “

Agan harus men-defrag ISO agan dengan menggunakan salah satu dari tools berikut:

contig Command line tool to defragment ISO files.

wincontig GUI tool to defragment ISO files.

Untuk informasi mengenai bagaimana untuk mencoba ISO lain, lihat “CDROM emulation (virtualization) section” di file README_GRUB4DOS.txt resmi. Sebagai tambahan, berikut ini Here is another good third party guide yang menjelaskan bagaimana segala sesuatunya bisa bekerja dengan baik.

Posted Juni 9, 2011 by edo CsKomp in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: